Skip to main content

Shiren Di-Akikah Saat Umur 17 Hari

Akikah (bahasa Arab: عقيقة, transliterasi: Aqiqah) adalah pengurbanan hewan dalam syariat Islam, sebagai bentuk rasa syukur umat Islam terhadap Allah SWT. mengenai bayi yang dilahirkan. Hukum akikah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunah muakkadah, dan ini adalah pendapat jumhur ulama menurut hadits. (sumber: id.wikipedia.org).

Akikah yang berarti memotong hewan, dalam hal ini hewan yang dipotong sesuai syariat Agama Islam adalah Kambing (domba) dimana untuk bayi laki-laki adalah 2 ekor kambing dan untuk bayi perempuan adalah 1 ekor kambing. Pemotongan hewan ini merupakan wujud rasa syukur kami sesuai pengertian akikah diatas, atas lahirnya anak kami Shiren Faresta Rizal ke dunia, mudah-mudahn diberi umur panjang.

Tepat umur ke 17 hari atau pada hari Jumat, 10 maret 2017 lalu, acara akikah kami lakukan untuk anak kami shiren, Kami pun mengundah semua guru-guru di tempat saya bekerja, dan para pegawai bank, tempat istri saya bekerja, serta orang-orang di kampung dan semberang kampung, untuk makan siang di rumah. 
Shiren Di-Akikah Saat Umur 17 Hari - mandi

Puncak acaranya setelah sholat jumat, dimana diadakan suatu ritual dalam bahasa Selayar-nya disebut "Akrate" atau "barasanji" semacam nyanyian/puji-pujian kepada Allah SWT dan Nambi Muhammad SAW, dimana yang dibacakan/dinyanyikan semuanya adalah ayat suci Al-Quran. Tetapi sebelumnya Shiren dimandi/dibersihkan dulu.
Shiren Di-Akikah Saat Umur 17 Hari - potong rambut

Setelah acara itu sudah selesai, barulah lanjut ke proses pemotong rambut Shiren, dimana yang memotong jumlahnya 7 orang, potongan rambut ini dimasukkan dalam cangkir yang nantinya akan di simpan di pohon kepala, agar kehidupannya nanti layaknya seperti pohon kepala, tumbuh tinggi, dan panjang umur, begitulah kepercayaan orang sini yang masih melekat dari dulu hingga sekarang dalam ritual akikah.

Dan setelah umur SHiren cukup 44 hari, nantinya rambut akan dicukur semua, kemudian ditimbang, yang nantinya berat rambut ini akan disamakan dengan berat emas, dan dihargai layaknya emas. Dan uang seharga emas ini nantinya akan disedekahkan ke fakir miskin atau keluarga yang dianggap pantas menerimanya.

Comments

Popular posts from this blog

Alhamdulillah Shiren Faresta Rizal Lahir

Sri Nur Jannah, adalah istri dari Muhammad Rizal (saya sendiri sebagai author blog ini), setelah 9 bulan mengandung akhirnya melahirkan putri pertama kami (baca: Shiren Faresta Rizal) di Rumah Sakit Umum Hayyung Benteng Selayar, tepatnya 01:30 dini hari, Selasa, 21 Pebruari 2017 dengan melahirkan normal dan selamat alhamdulillah.

Proses kelahiran ini adalah suatu yang kami anggap luar biasa, karena sebelumnya kami sudah berkonsultasi dengan dokter pada awal bulan pebruari lalu, kemudian dokter menyatakan kalau perkiraan lahiran adalah tanggal 10 pebruari 2017, dan kami menunggu sampai tanggal tersebut, belum juga lahiran. Akhirnya kembali check up ke dokter, sekarang mengatakan kalau air ketuban tinggal sedikit, dalam jangka 2 hari kedepan mesti diambil tindakan, pertama kali di induksi , kalau berhasil alhamdulillah, tapi kalau gagal, lanjut ke operasi.

Yang namanya orang tinggal dikampung tapi gak kampungan yah, sangat-sangat takut sekali dengan yang namanya operasi, itu kalau orang…

Tali Pusar Belum Kering dan Belum Terlepas

Hari ini 27 Februari 2017, shiren sudah berumur 1 minggu. Yang membuat kami cemas adalah tali pusar belum lepas (jatuh), karena orang-orang bilang kalau tali pusar jatuh paling lama 3 hari, nahh ini sudah 1 minggu belum lepas juga.

Sesuai keterangan dokter dan bidan yang menangani saat di Rumah Sakit, pusarnya tidak usah diobati, dijaga saja kebersihannya, kalau sudah mandi diganti kain kasa yang menjadi penutup pusar. Dengan begitu kamipun tidak mengobatinya membiarkan saja seperti itu.

Shiren juga kelihatannya tidak terganggu dengan keberadaan potongan tali pusar itu. Dan tidak juga merasa sakit, artinya sejauh ini amanlah, walaupun tali pusar belum jatuh, mungkin belum waktunya juga untuk jatuh.


Kebetulan ibu Shiren memilih untuk memberikan ASI Eksklusif, karena kaatanya kalau ASI, nantinya anaknya pintar. Untuk frekuensi menyusu,saat umur 1 - 7 hari ini, sangat sering, BAB pun sering, mungkin sampai lebih 10 kali menyusu dan BAB dalam sehari. Kalau pagi biasanya sampai 6 kali nyus…

Shiren Pulang Ke Rumah

Setelah 1 malam nginap di Rumah Sakit, besoknya dokter memeriksa Ibu Shiren lalu dokter mengatakan kalau misalnya sudah mau pulang, silahkan, asalkan dijaga pakaiannya harus selalu ketat, dan jangan terlalu banyak bergerak. Shiren juga katanya sehat-sehatnya saja, sudah bisa pulang hari ini tanggal 23 Pebruari 2017.

Jam 11 kami sudah packing, dan jam 12 semua urusan administrasi sudah selesai, termasuk surat keterangan lahir sudah saya ambil di Bidan yang bertugas waktu itu, Ibu Shiren adalah pemegang Kartu BPJS Kesehatan, jadi semua proses persalinan hingga rawat inap, ditanggung oleh BPJS.

Setelah semua beres, kamipun meninggalkan rumah sakit umum Benteng selayar, menuju ke selatan Selayar, tepat Kampung Kadieng, Desa Laiyolo Baru, kec. Bontosikuyu, yang jaraknya sekitar 20 KM, atau sekitar 30 menit perjalanan kalau laju mobilnya santai (gak ngebut).

Sesampainya dirumah, kamipun dijemput oleh para tetangga, sembari mereka membantu mengangkat barang-barang yang dimuat oleh Agya Putih…